Berapa Lama Madu & Bumbu Rempah Bisa Bertahan?

MERAPIKAN dapur dan membersihkan freezer kerap menjadi pekerjaan berat. Padahal dengan merapikan dapur dan freezer, Anda sekaligus bisa berh...

madu-rempah



MERAPIKAN dapur dan membersihkan freezer kerap menjadi pekerjaan berat. Padahal dengan merapikan dapur dan freezer, Anda sekaligus bisa berhemat.

Kemungkinan besar Anda telah cukup lama menyimpan makanan di dapur. Sementara tanggal kadaluwarsanya harus diperhatikan, beberapa bahan makanan nyatanya berumur lebih panjang dari yang Anda perkirakan.

Simak tip-tip merapikan dapur dan freezer sesuai batas kedaluwarsa bahan makanan, seperti dilansir Sheknows

Rempah-rempah dan herbal kering

Telah lama ada kesalahpahaman bahwa bumbu dan rempah-rempah hanya tahan beberapa bulan. Sebelum membuang seluruh bumbu dan herbal, lakukan dahulu tes penciuman sederhana karena manfaat dan kekuatan herbal memang terletak pada aromanya. Bahkan, herbal yang telah pudar warnanya pun masih bisa tercium aromanya.

Untuk menjaga kualitas rempah dan herbal kering, simpan dalam wadah kedap udara lalu letakkan di tempat kering dan sejuk. Bila disimpan dengan baik, rempah-rempah dapat bertahan hingga empat tahun sedangkan bumbu halus antara dua sampai tiga tahun.

Madu

Abaikan tanggal kadaluwarsa yang tertera pada bagian atas kemasan madu karena umur madu pada dasarnya tidak benar-benar berakhir. Meskipun bisa menjadi lebih gelap atau mengkristal setelah disimpan dalam jangka panjang, madu tetap bisa dikonsumsi.

Bila sudah terjadi kristalisasi, rebus madu dalam kemasan di dalam sebuah panci berisi air sampai madu cair kembali. Jaga toples madu tetap tertutup rapat dan simpan dalam lemari yang kering dan gelap untuk hasil terbaik.

Daging

Jika Anda kerap menyimpan makanan beku dalam freezer, maka vacuum food sealer akan menjadi investasi yang baik. Alat ini memungkinkan penyimpanan makanan beku dengan menyedot semua udara dari plastik kemasan makanan. Alat ini juga menciptakan ruang freezer yang lebih luas sehingga Anda bisa menyimpan lebih banyak makanan beku.

Kacang-kacangan

Kacang biasanya akan tahan selama berbulan-bulan setelah tenggat kadaluwarsa yang direkomendasikan. Namun, Anda dapat membuat kacang-kacangan bertahan lebih lama dengan menempatkannya dalam freezer. Menyimpan kacang dalam freezer dapat memperpanjang umur simpan setidaknya setahun, tergantung pula pada jenis kacangnya yang beberapa di antaranya bisa sampai beberapa tahun.





Sumber


Reaksi: 

Related

Kuliner 3204697730301944154

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

Follow Us

Obat Herbal Alami

Populer

Recent

Comments

Connect Us

Google+ Badge

Obat Herbal

Obat Herbal Alami

item