Cangkir Jaman Dinasti Ming di Jual Rp 406 Miliar Termahal di Dunia

Cangkir Jaman Dinasti Ming di Jual Rp 406 Miliar Termahal di Dunia Jakarta  - Cangkir mungil ini mungkin menjadi perangkat makan paling maha...

Cangkir Termahal di Dunia, Terjual Seharga Rp 406 Miliar
Cangkir Jaman Dinasti Ming di Jual Rp 406 Miliar Termahal di Dunia
Jakarta - Cangkir mungil ini mungkin menjadi perangkat makan paling mahal sedunia. Dalam acara lelang di Hong Kong, cangkir dengan motif ayam dan bunga tersebut berhasil terjual USD 36 juta, atau senilai sekitar Rp 406 miliar.

Tidak ada berlian, lapisan emas atau butiran kristal Swarovski yang menghiasi cangkir yang diberi nama 'chicken cup' ini. Material pembuatnya pun terbilang umum karena sebagian besar terbuat dari porselen. Diameternya pun hanya 8 cm. Apa yang menjadikan cangkir ini istimewa hingga ada yang berani menawar dengan harga tinggi?

Cangkir tersebut ternyata memiliki nilai sejarah yang sangat berharga. Usianya sudah sekitar 500 tahun dan berasal dari Dinasti Ming, tepatnya di masa Kaisar Chenghua yang berkuasa dari tahun 1465 hingga 1487.

Menurut pihak Sotheby's, salah satu perusahaan makelar terbesar khusus di penjualan seni, perhiasan, real estate dan barang-barang kolektor, hanya ada 17 cangkir sejenis yang ada di dunia. Empat bisa dimiliki oleh pribadi sementara sisanya ditempatkan di museum.

"Tidak ada lagi benda legendaris di dalam sejarah porselen China. Ini adalah piala suci jika kita bicara soal karya seni China," ujar Nicholas Chow, deputy chairman Sotheby's untuk Asia, seperti dikutip dari BBC. 

Pembelinya adalah kolektor asal Shanghai, Liu Yiqian. Ia adalah salah satu dari 200 orang terkaya di China, dengan penghasilan lebih dari Rp 10 triliun per tahun.

Cangkir tersebut akan disimpan di Long Museum milik Liu di Shanghai. Museum tersebut dibuka Liu bersama istrinya pada 2012.



Sumber
Reaksi: 

Related

Ragam 542733155138821201

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

Follow Us

Obat Herbal Alami

Populer

Recent

Comments

Connect Us

Google+ Badge

Obat Herbal

Obat Herbal Alami

item