Beragam Manfaat dari Daging dan Air Kelapa


Buah Kelapa
Jakarta Beruntungnya kita tinggal di negeri tropis yang dengan mudah mendapatkan buah yang akhir-akhir ini disebut superfood. Beragam manfaat bisa dipetik dari daging dan air buah kelapa serta olahannya.

Ketahui lebih lanjut manfaat menakjubkan buah yang sering ditemukan di sekitar kita. Berikut apa saja yang bermanfaat dari buah kelapa bagi tubuh seperti dilansir Express, Minggu (27/7/2014)

1. Air kelapa
Pasti Anda sudah pernah minum air kelapa muda. Namun untuk mendapatkan manfaat lebih disarankan minum air kelapa hijau. Segelas air kelapa hijau sebanyak 250 ml baik untuk tubuh karena tinggi kandungan kalium yang menjaga tekanan darah yang sehat.

Selain itu menurut ahli nutrisi Priya Tew dari dieticianuk.co.id, air buah kelapa meningkatkan kadar HDL, kolesterol baik bagi tubuh. Usai berolahraga lebih dari satu jam, nutrionis olahraga Anita Bean menyarankan minum air buah kelapa yang menurut penelitian lebih baik dibandingkan minuman isotonik untuk mengganti ion tubuh yang hilang.

2. Minyak kelapa
Selama ini, minyak zaitun yang digadang-gadang sebagai sebagai minyak yang baik untuk tubuh. Ternyata minyak dari buah kelapa juga punya manfaat baik untuk tubuh.

Minyak kelapa yang dihasilkan dari ekstraksi daging buah kelapa mengandung lemak jenuh jenis Medium Chain Triglycerides (MCT) yang mudah dihancurkan oleh tubuh. "Selain itu minyak kelapa mampu meningkatkan kolesterol baik HDL dalam tubuh," tambah Priya.

Ditambahkan dari website academia.edu (27/7/2014) dalam artikel milik Wawan Efendi tahun 2009, minyak kelapa bekerja dalam tubuh lebih sederhana dibanding minyak lain. Setelah minyak kelapa dicerna dalam saluran pencernaan akan langsung diserap melalui dindingi usus lalu dipasok ke aliran darah  dan dibawa ke hati untuk berubah jadi energi untuk meningkatkan kinerja organ-organ tubuh. Sedangkan minyak jenis lain ukuran molekul asam lebih besar yang membuat lemak jenuh menjadi kolesterol dan lemak di tubuh.

Bagi yang ingin meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan otot, lebih baik memasak menggunakan minyak kelapa.

3. Gula kelapa
Gula kelapa adalah gula yang yang diambil dari nira dari tandan bunga kelapa. Tak hanya melezatkan masakan, gula kelapa memiliki indeks glikemik lebih rendah dibanding gula pasir yang membuat peningkatan gula darah lebih stabil.  Indeks glikemik menunjukkan seberapa cepat makanan/minuman menaikkan kadar gula darah setelah dikonsumsi.

4. Yogurt kelapa
Pasti asing di telinga masyarakat Indonesia. Memang jarang menemukan yogurt kelapa di sini, namun perlu diketahui bahwa yogurt ini rendah lemak yang kaya kalsium. (Liputan6)
Reaksi: 

Related

Lifestyle 7430621438406650599

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

Follow Us

Obat Herbal Alami

Populer

Recent

Comments

Connect Us

Google+ Badge

Obat Herbal

Obat Herbal Alami

item