Google Doodle Rayakan Hari Anak Nasional, dengan gambar Congklak

Di halaman google hari ini ada tampilan yang menarik, terlihat gambar permainan tradisional congklak menghiasi tampilan Google Doodle. Congk...


Google doodle
Di halaman google hari ini ada tampilan yang menarik, terlihat gambar permainan tradisional congklak menghiasi tampilan Google Doodle.


Congklak adalah suatu permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh Indonesia. Biasanya dalam permainan, sejenis cangkang kerang digunakan sebagai biji congklak dan jika tidak ada, kadangkala digunakan juga biji-bijian dari tumbuh-tumbuhan dan batu-batu kecil.

Nama di berbagai daerah. Di Jawa, permainan ini lebih dikenal dengan nama congklak, dakon, dhakon atau dhakonan. Di beberapa daerah di Sumatera yang berkebudayaan Melayu, permainan ini dikenal dengan nama congkak. Di Lampung permainan ini lebih dikenal dengan nama dentuman lamban, sedangkan di Sulawesi permainan ini lebih dikenal dengan beberapa nama: Mokaotan, Maggaleceng, Aggalacang dan Nogarata.


Gambar permainan tradisional tersebut pada halaman depan mesin pencarinya, sebagai  perwujudan Google raksasa internet asal AS turut memeriahkan Hari Anak Nasional.

Hari Anak Nasional bermula dari sebuah gagasan untuk mewujudkan kesejahteraan anak.

Hari Anak adalah event yang diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai tempat di seluruh dunia. Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni, dan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November. Negara lainnya merayakan Hari Anak pada tanggal yang lain, dan perayaan ini bertujuan menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.

Di Indonesia, Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984.

Untuk Hari Anak Nasional tahun 2014 yang jatuh pada hari ini, tema yang diusung adalah 'Indonesia Satu Aksi, Stop Kekerasan terhadap Anak'.

Reaksi: 

Related

Techno 8661529552731171200

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

Follow Us

Obat Herbal Alami

Populer

Recent

Comments

Connect Us

Google+ Badge

Obat Herbal

Obat Herbal Alami

item