Hari Lahir Nelson Mandela, menjadi Google Doodle Hari Ini

Jakarta, Anda sudah mengakses Google hari ini? Ada yang berbeda pada tampilan fanpage Google pada Jumat, (18/7/2014). Google merayakan hari...

google doodle

Jakarta, Anda sudah mengakses Google hari ini? Ada yang berbeda pada tampilan fanpage Google pada Jumat, (18/7/2014).Google merayakan hari lahir pejuang kemanusiaan Nelson Mandela melalui tampilan doodle-nya di halaman muka mesin pencari mereka,
Sebuah foto Nelson Mandela muncul di tengah-tengah tampilan Google Doodle. Di sekitar foto tersebut terdapat 12 kuntum bunga yang tengah mekar. Terdapat juga tulisan 'Nelson Mandela' di pita putih mengelilingi fotonya.

Apabila simbol 'play' di sebelah kanan Google Doodle di-klik, maka akan muncul ilustrasi perjalanan hidup Mandela beserta kutipan kata-kata bijak yang pernah ia ucapkan.

Nelson Rolihlahla Mandela, demikian nama lengkapnya. Ia dilahirkan di Mvezo, Afrika Selatan, pada 18 Juli 1918. Dalam perjuangannya, ia pernah dipenjara selama 27 tahun oleh pemerintah Apartheid yang berkuasa.

Mandela adalah seorang revolusioner anti-Apartheid dan politisi Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 sampai 1999.
Ia adalah orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut dan presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras.

Pemerintahannya berfokus pada penghapusan pengaruh apartheid dengan memberantas rasisme, kemiskinan dan kesenjangan, dan mendorong rekonsiliasi rasial.

Selaku nasionalis Afrika dan sosialis demokratik, ia menjabat sebagai Presiden Kongres Nasional Afrika (ANC) pada 1991 sampai 1997. Selain itu, Mandela pernah menjadi Sekretaris Jenderal Gerakan Non-Blok pada 1998 sampai 1999.

Kontroversial nyaris sepanjang hayatnya, para kritikus sayap kanan menyebut Mandela teroris dan simpatisan komunis. Meski begitu, ia memperoleh pengakuan internasional atas sikap anti-kolonial dan anti-apartheidnya, menerima lebih dari 250 penghargaan, termasuk Hadiah Perdamaian Nobel 1993, Medali Kebebasan Presiden Amerika Serikat, dan Order of Lenin dari Uni Soviet. Ia sangat dihormati di Afrika Selatan dan lebih dikenal dengan nama klan Xhosa-nya, Madiba atau tata. Nelson Mandela sering dijuluki "bapak bangsa".
Pria murah senyum yang gemar mengenakan kemeja batik ini akhirnya berpulang ke haribaan Ilahi pada 5 Desember 2013 di Johannesburg, Afrika Selatan, dalam usia 95 tahun. Jenazahnya dikebumikan di Desa Qunu, tempat dimana ia menghabiskan masa kecilnya.
Reaksi: 

Related

Techno 6936119937237113991

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

Follow Us

Obat Herbal Alami

Populer

Recent

Comments

Connect Us

Google+ Badge

Obat Herbal

Obat Herbal Alami

item