Beberapa Manfaat Lycopene untuk Kesehatan Tubuh

Tomat
Portal Orange - Setiap orang pasti menginginkan dirinya bukan hanya sehat badannya, namun juga sehat kulitnya. Jika Anda juga memiliki keinginan yang sama, maka jangan ragu untuk mengonsumsi lebih banyak lycope.

Lycopene merupakan senyawa nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh karena mengandung banyak vitamin dan antioksidan. Kandungannya yang sehat ini mampu mencegah berbagai penyakit dan menjaga kesehatan dan kecantikan kulit seperti menjaga kekencangan kulit dan menjaga kulit awet muda. Bukan hanya itu, kekuatan, kelembaban dan kilau rambut yang sehat juga akan Anda dapat.

Kandungan lycopene paling banyak terdapat dalam tomat, semakin merah dan matang, maka akan semakin banyak pula kandungan lycopene-nya. Seperti di kutip dari www.stylecraze.com, beberapa manfaat lycopene untuk tubuh, antara lain adalah

1. Mencegah penyakit jantung
Lycopene dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena fungsinya yang kuat sebagai antioksidan. Jika mengonsumsi jus tomat sehari sekali, maka hal ini akan mampu menjauhkan Anda dari penyakit jantung, dan berbagai penyakit kardiovaskuler lain seperti stroke dan penyumbatan arteri.

2. Mencegah kanker
Lycopene telah terbukti dapat mencegah dan membantu penyembuhan kanker prostat, kanker payudara, kulit, hati dan paru-paru. Untuk kanker prostat, bisa dilakukan diet minum 2-3 gelas jus tomat tanpa gula per hari selama 3 minggu sebelum operasi untuk mengurangi dan mengendalikan remisi kanker dan proliferasi sel kanker prostat. Untuk kanker lain, cukup minum 1 gelas jus per hari.

3. Memperbaiki ketidaksuburan pada laki-laki
Hal mengejutkan yang bisa dilakukan lycopene adalah meningkatkan kesuburan pada laki-laki. Penelitian membuktikan bahwa ada hubungannya mengonsumsi banyak lycopene dengan produksi sperma yang sehat. Cukup rutin konsumsi makanan kaya lycopene agar meningkatkan kesuburan.

4. Osteoporosis
Lycopene bukan hanya mampu menangkal radikal bebas dan menjaga kulit Anda tetap sehat, namun juga mampu menjaga kepadatan tulang agar terhindar dari penyakit keropos tulang seperti osteoporosis.

5. Gangguan neurologis
Lycope ternyata juga dapat mencegah gangguan syaraf otak seperti Alzeimer, Parkinson, dan demensia vaskular. Ini mungkin karena lycopene juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu memperbaiki sel rusak, melancarkan peredaran darah dan membersihkan syaraf otak dari efek buruk oksidasi.

6. Degenerasi makula
Ini sudah sangat jelas bahwa lycopene juga mampu memperbaiki dan mencegah degenerasi makula yang menyerang mata. Ini tidak lain karena lycopene juga merupakan obat penyakit mata yang memiliki retinol atau vitamin A.

Jadi, jika ingin kulit dan rambut cantik sekaligus sehat secara alami, maka makan makanan kaya lycopene akan membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.


Sumber | Vemale.com
Reaksi: 

Related

Tomat 474534361687034597

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

Follow Us

Obat Herbal Alami

Populer

Recent

Comments

Connect Us

Google+ Badge

Obat Herbal

Obat Herbal Alami

item