8 Manfaat Luar Biasa Buah Semangka Bagi Kesehatan

Buah Semangka
Portal Orange - Musim kemarau seperti sekarang ini, rasanya buah semangka paling cocok di konsumsi saat terik matahari disiang bolong. Ya Semangka! Kandungan airnya yang banyak dapat menghilangkan rasa dahaga kita.

Buah semangka yang mempunyai nama latin Citrullus Lanatus atau Cucurbitaceae ini berasal dari daratan Afrika. Buah Semangka masih serumpun dengan buah Ketimun dan Melon karena sama-sama tumbuhan merambat. Buah semangka memiliki ciri daging berwarna merah (meskipun ada juga dagingya yang berwarna kuning) dan kulitnya berwarna hijau,

Selain sebagai pengusir dahaga, ternyata buah Semangka mempunyai kandungan Karbohidrat, Protein, Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, Vitami C, Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Fosfor, Kalium, Zinc dan banyak lagi. Dengan banyaknya kandungan yang ada dalam buah semangka tidaklah heran jika buah yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita.

Berikut beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan dan kecantikan

Mencegah Penyakit Diabetes
Semangka yang sangat kaya akan air, memberi rasa kenyang. Semangka mempunyai rendah gula dan kalori sangat bermanfaat bagi para penderita diabetes.

Mencegah Penyakit Kanker
Buah semangka mempunyai zat lypocene, yang dapat mencegah kanker. Lypocene yaitu  zat yang dapat memacu pertumbuhan dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. 

Menjaga Kesehatan Ginjal
Mengkonsumsi buah semangka sangat baik untuk mencegah penyakit Ginjal. Semangka mengandung Kalsium (Ca) dapat membersihkan kotoran atau racun yang dapat mengganggu ginjal.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Manfaat lainnya dari buah semangka adalah dapat menurunkan tekanan darah berkat kandungan Kalium (K), dan Magnesium (Mg).

Menyehatkan Jantung
Semangka merupakan salah satu buah penghasil likopen yang cukup banyak. Likopen akan  melindungi tubuh dari kolesterol jahat dan mencegah kerusakan sel tubuh yang di sebabkan oleh radikal bebas.

Menghindari Dehidrasi Atau Kekurangan Cairan
Buah semangka akan menghindari tubuh dari dehidrasi air, karena kita tahu bahwa buah semangka mempunyai kandungan air yang sangat banyak.

Melindungi Tubuh dari sinar Ultraviolet
Semangka juga dapat melindungi kulit tubuh dari sinar UV. Karena kandungan likopen membantu kulit mengurangi penyerapan sinar UV dari matahari sebanyak 40%.

Membuat kulit sehat berseri
Mengonsumsi 2-3 potong buah semangka yang kaya vitamin A dan C setiap hari, akan memberikan manfaat terhadap kulit. Asam amino yang terdapat dalam buah semangka dapat mengobati luka pada kulit dengan cepat.


Berbagai Sumber
Reaksi: 

Related

Sehat 2285250912727911307

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

Follow Us

Obat Herbal Alami

Populer

Recent

Comments

Connect Us

Google+ Badge

Obat Herbal

Obat Herbal Alami

item