Obat Potensial dan Harapan bagi Penderita Alzheimer

- 9/06/2013
advertise here
Sel Punca
Obat yang ada bagi penderita alzheimer saat ini belum berfungsi untuk menyembuhkan, hanya memperlambat penyakit. Namun, ada penelitian yang menunjukkan, dengan terapi sel punca (stem cell) dapat membantu menyelamatkan kerusakan memori.

Ketika hal ini ditanyakan langsung kepada Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) DR. Dr. Czeresna Heriawan Soejono, SpPD-K-Ger, Mepid, FACP, FINASIM, ia menjawab bahwa ini masih dalam tahap penelitian dan belum bisa digunakan.

"Stem cell (sel punca) masih dalam tahap penelitian, dan belum bisa dipakai atau diaplikasikan dalam hal ini," kata Heriawan, ditulis tim Health Liputan6.com, Kamis (5/9/2013)

Penggunaan sel punca ke arah positif lainnya mungkin masih bisa. Tapi, sel punca ini masih belum memiliki cukup bukti yang sahih untuk dapat digunakan oleh para penderita alzheimer ini.

Karena tidak memiliki obat yang dapat menyembuhkan, ia mengatakan, satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengubah pola hidup menjadi jauh lebih sehat lagi sebagai langkah pencegahan.



Sumber
Advertisement advertise here