Nelayan Jepang Tangkap Cumi-cumi Raksasa Seberat 1 Kuintal

- 1/25/2014
advertise here
Cumi-cumi Raksasa
Cumi-cumi raksasa seberat 1 kuintal terjaring oleh jaring nelayan Jepang. Cumi-cumi raksasa itu awalnya tertangkap hidup-hidup di laut Prefektur Tottori. Namun, dalam perjalanan ke pantai, makhluk sepanjang 8 meter itu mati.

Cumi-cumi raksasa itu sangat jarang terjerat jaring nelayan. "Saya kira ini merupakan kali pertama cumi-cumi raksasa terjerat jaring nelayan," kata salah satu nelayan yang ikut menangkap dalam video yang diunggah ke Youtube.

Walau cumi-cumi itu mati, bangkainya tetap bernilai. Toshifumi Wada dari San'in Kaigan Nature Museum mengatakan bahwa cumi-cumi ini berenang di kedalaman dan jarang terlihat. "Jadi saya pikir temuan ini signifikan," katanya.

Diberitakan Foxnews, Rabu (22/1/2014), bangkai cumi-cumi raksasa itu rencananya akan diawetkan untuk tujuan ilmiah.

Cumi-cumi raksasa adalah salah satu spesies cumi-cumi yang menjadi invertebrata terbesar di Bumi. Hewan ini bisa hidup di kedalaman laut antara 0,3 - 1,4 km. 

Tertangkapnya cumi-cumi raksasa ini merupakan yang ketiga kali dalam beberapa waktu terakhir. Sebelumnya, cumi-cumi raksasa tertangkap di lepas pantai kota Sado, Jepang. Satu kasus lain, cumi-cumi tertangkap di pantai wilayah Spanyol tahun lalu.

Advertisement advertise here