Cara Mengatur Keuangan yang Wajib Diketahui Wanita

- 5/31/2014
advertise here
Cara Mengatur Keuangan
Cara Mengatur Keuangan yang Wajib Diketahui Wanita

Kita memang tidak seharusnya hidup hanya demi uang. Tapi memiliki uang dan bisa mengaturnya dengan baik setidaknya akan membuat hidup akan jadi lebih mudah. Ada sejumlah hal penting tentang keuangan yang wajib diketahui oleh seorang wanita. Seperti yang dilansir oleh oprah.com, mengetahui poin penting tentang mengatur keuangan setidaknya bisa mengurangi beban dan membuat kita bisa menjalani hidup dengan lebih mudah.

Cek Pengeluaran Anda
Barb Chang kepala produk untuk situs manajemen uang Mint, mengungkapkan bahwa wanita biasanya terlalu sibuk dan merasa bahwa mengecek pengeluaran itu buang-buang waktu saja. Tapi pada kenyataannya, aturan penting pertama dalam perencanaan keuangan adalah mengetahui secara pasti pengeluaran dan pemasukan yang masuk ke dalam rekening bank setiap bulannya. Mengecek setiap pengeluaran yang kita buat, setidaknya dengan selalu mencatatnya akan membuat kita selalu awas dan tidak boros dalam menggunakan uang yang kita miliki. Di samping itu, mengecek setiap pengeluaran juga sangat membantu kita untuk mengontrol diri agar tidak mudah menghabiskan uang untuk hal-hal atau barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

Sisihkan Sebagian Uang untuk Cadangan Darurat
Setidaknya Anda punya uang cadangan yang cukup untuk biaya hidup selama enam bulan. Tapi sebagai jaga-jaga dan mengantisipasi iklim ekonomi yang naik turun, ada baiknya Anda punya cadangan uang yang setara dengan biaya hidup selama sembilan bulan. Anda bisa coba untuk membuat rekening khusus untuk uang cadangan yang bisa digunakan saat keadaan darurat atau saat benar-benar dibutuhkan.

Hati-Hati dengan Hutang dan Penggunaan Kartu Kredit
Berhutang mungkin bisa memecahkan masalah finansial Anda saat ini. Tapi hutang bisa membuat masa depan Anda jadi semakin suram. Saat belanja pun, usahakan untuk tidak sering-sering menggunakan kartu kredit. Inilah pentingnya bersikap bijak saat menggunakan uang. Jangan mudah tergiur untuk membeli barang hanya karena diiming-imingi kemudahan membayar secara kredit atau mencicil dengan sedikit bunga.

Jadi, pada dasarnya agar bisa mengatur keuangan dengan lebih baik, perhatikan setiap pengeluaran, pastikan punya uang cadangan, dan juga sebisa mungkin hindari hutang. Bagaimana menurut Anda, Ladies? Apakah Anda sendiri punya komentar atau cara tersendiri dalam mengatur uang?




Sumber
Advertisement advertise here