Gadget Canggih dipakai Buat Nyontek Para Pelajar China

- 6/13/2014
advertise here
Gadget Canggih dipakai Buat Nyontek Para Pelajar China
Salah satu kaca mata canggih yang digunakan untuk mencontek oleh pelajar di Cina.
BEIJING - Perkembangan teknologi yang semakin canggih tak dipungkiri kian memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Namun tak jarang kemajuan teknologi itu kerap digunakan untuk hal negatif. Contohnya adalah mencontek.

Sejak dulu, demi mendapatkan hasil yang memuaskan, para siswa memang kerap menghalalkan segala cara untuk bisa menjawab ujian seperti mencontek teman, membuka buku di kelas, mencari di internet via ponsel, membuat kertas contekan, dan sebagainya. Namun cara itu mungkin sudah terlihat 'kuno'.

Seperti dilaporkan Cinanews, baru-baru ini beberapa siswa di Cina tertangkap melakukan tindakan curang selama ujian SMA dengan menggunakan gadget tergolong canggih.

Salah satu yang berhasil terungkap adalah penggunaan kacamata yang dapat merekam soal ujian. Dengan perangkat itu, pelajar merekam soal ujian lalu mentransfernya ke teman atau rekan di luar yang kemudian bakal mencari jawabannya lalu mengirim hasilnya ke siswa bersangkutan.

Siwa lain juga tertangkap dengan menyembunyikan kamera di dalam botol yang berisikan air, serta menyembunyikan alat pemancar di dalam dompet mereka.

Selain itu, ditemukan juga pena atau pulpen dengan teknologi canggih, yang dapat mengirimkan soal ke pihak luar. Kemudian orang luar tersebut dapat mengirimkan jawaban kembali ke siswa tersebut.

Seperti dikutip ubergizmo, para siswa di Cina melakukan kecurangan itu karena merasakan tekanan, salah satunya dari orang tua, terutama jika ujian itu menentukan diterima atau tidaknya mereka di perguruan tinggi. Metode untuk melakukan hal curang ini diakui sangat cerdik, namun disayangkan dipakai untuk melakuka kecurangan.



Sumber
Advertisement advertise here