Anda Minum 3 Buah Ini, Ginjal Anda akan Sehat

- 7/18/2014
advertise here
Cangkok Ginjal
Jakarta, Sebagian dari kita mungkin berpikir untuk menjaga ginjal sehat dengan cara banyak minum air putih. Itu memang benar.

"Selama asupan cairan memadai dalam tubuh, ginjal dapat melakukan pekerjaan yang menakjubkan diantaranya membersihkan tubuh dari racun kemudian mengeluarkannya lewat urin,"tutur ahli ginjal Steven Guest seperti dikutip laman WebMD, Rabu (16/7/2014).  

Ternyata, selain air putih kerja ginjal bisa baik dengan minum minuman berikut seperti dilansir laman Huffington Post, Rabu (16/7/2014).

1. Anggur Merah
Mengonsumsi anggur merah bisa menjaga ginjal dan melindungi jantung pasien yang telah sakit ginjal seperti yang diungkapkan pertemuan National Kidney Foundation. Peneliti juga menemukan data bahwa mengonsumsi satu gelas anggur merah sehari menurunkan risiko 37% terkena penyakit ginjal kronis dibandingkan mereka yang tidak minum anggur merah sama sekali. 

2. Jus Cranberry
Cranberry mengandung senyawa yang dapat membunuh bakteri E coli, bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi salurah kemih. Penelitian yang dilakukan pada wanita dengan infeksi saluran kemih yang minum jus cranberry setiap hari bisa mengurangi infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih yang terlalu lama bisa membuat bakteri menyebar hingga ginjal. Sehingga, ginjal pun ikut infeksi.

3. Jus Jeruk
Satu lagi kebaikan jeruk. Jus jeruk mengandung sitrat yang terbukti memberikan manfaat untuk pencegahan batu ginjal. Perlu diingat untuk tidak memberikan gula banyak-banyak ke dalam jus jeruk, karena terlalu banyak gula meningkatkan risiko batu ginjal.



Advertisement advertise here