Jangan Makan Mie Instan Pakai Nasi, Berbahaya!

- 8/23/2014
advertise here

Mie instan
Portal Orange – Apakah Anda juga penggemar mie instan? Mie instan adalah salah satu makanan populer di Indonesia. Mie instan sering juga di konsumsi masyarakat Indonesia sebagai pengganti nasi sebagai makanan pokok. Selain praktis, mie instan juga mudah didapatkan dan harganya pun murah. 

Apakah Anda sering mengkonsumsi mie instan dicampur nasi putih? Sebaiknya, mulai saat ini Anda harus mengurangi kebiasaan tersebut karena ada beberapa dampak buruk akibat makan mie instan yang di campur dengan nasi putih.

Hal penting yang harus kita ketahui adalah bahwa kita harus menyeimbangkan asupan  gizi  dari  makanan  yang kita makan. Pada dasarnya, nasi dan mie instan sama-sama mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi

Dalam satu porsi mie instan, sudah terkandung sekitar 400 kalori, jumlah itu sama dengan satu porsi nasi ukuran sedang dan lauk pauk. Jika satu porsi mie instan ditambah nasi, bisa Anda bayangkan sendiri berapa kalori yang masuk dalam tubuh. Bisa mencapai 600 - 700 kalori sekali makan, padahal rata-rata wanita dewasa hanya butuh 1200 - 1500 kalori per hari.

Karbohidrat  telah  dirubah  menjadi glukosa. Semakin tinggi  kadar gula, pankreas akan bekerja  lebih  cepat  untuk menghasilkan insulin (hormon penyeimbang kadar gula agar gula bisa dimasukkan ke dalam  sel  tubuh). Jika pankreas terus-menerus bekerja cepat, maka  dampaknya pankreas akan  kelelahan. Hal  ini dapat  menimbulkan  resiko  diabetes.

Jika Anda memang suka makan mie instan, sebaiknya batasi, setidaknya seminggu sekali saja. Ketimbang mencampur dengan nasi, akan lebih baik jika mie instan ditambah potongan sayur, daging, telur dan sebagainya. Ingat, mie instan mengandung garam dan MSG yang sangat tinggi, sehingga jumlah yang terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan Anda.

Berbagai sumber
Advertisement advertise here