Apasaja Manfaat Buah Sawo, untuk Kesehatan Kita

- 9/02/2014
advertise here
Buah Sawo
Siapa yang tak kenal buah Sawo? Buah sawo memiliki nama latin Achras Sapota L, dalam bahasa Inggris buah buah sawo disebut Sapodilla, Chikoo, atau Sapota. Buah ini disukai karena rasanya manis dan mempunyai daging yang lembut.

Buah sawo merupakan sumber kalium yang baik, yaitu 193 mg/100 g dan memiliki kadar natrium yang rendah, 12 mg/100 g. Perbandingan kandungan kalium dan natrium yang mencapai 16:1 menjadikan sawo sangat baik untuk jantung dan pembuluh darah.

Selain kaya kalium, sawo juga mengandung sejumlah mineral penting lainnya. Kandungan mineral lainnya per 100 gram buah sawo adalah: kalsium (21 mg), magnesium (12 mg), fosfor (12 mg), selenium (0,6  mg), seng (0,1 mg), dan tembaga (0,09 mg).

Sawo juga kaya akan vitamin C, yaitu 14,7 mg/100 g. Konsumsi 100 gram sawo dapat memenuhi 24,5 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap hari. Mengonsumsi vitamin C dari buah sawo, dalam jumlah cukup dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Vitamin C juga dapat berinteraksi dengan berbagai vitamin lain, seperti vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan.

Buah sawo juga mengandung asam folat, 14 mkg/100 g. Asam folat diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Asam folat juga dapat membantu pencegahan terbentuknya homosistein yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Beberapa manfaat dari Buah Sawo Bagi Kesehatan Tubuh antara lain:

Mencegah Kanker
Vitamin A dan B pada buah sawo dapat membantu menjaga lapisan lendir tubuh dan tekstur kulit. Antioksidan, serat makanan, dan nutrisi yang ditemukan dalam sawo memberi perlindungan terhadap kanker, dan membantu mengikat karsinogen (racun) untuk melindungi selaput lendir usus besar. Vitamin A yang terkandung pada sawo juga memberi perlindungan dari kanker rongga mulut dan paru-paru.

Menjaga Kesehatan Tulang
Kalsium, fosfor, dan zat besi sangat diperlukan tulang untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sawo merupakan buah yang kaya ketiga zat  tersebut.

Menjaga Kesehatan Mata
Sawo merupakan buah yang mengandung banyak vitamin A. Berdasarkan penelitian, vitamin A dapat membantu tubuh meningkatkan penglihatan, bahkan saat usia mulai menua. Sawo dapat menjadi alternatif bagi yang ingin memiliki penglihatan bagus.

Cepat Meningkatkan Energi
Sawo kaya glukosa yang dapat memberikan energi instan bagi tubuh. Hal inilah yang membuat banyak atlet dianjurkan makan sawo untuk menambah energi.

Mengusir Batu Ginjal
Biji sawo yang dihancurkan dapat membantu untuk mengusir batu ginjal. Tak hanya itu, biji sawo juga dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit ginjal.

Manfaat untuk Ibu Hamil 
Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah sawo dapat meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil agar tidak mudah Terserang penyakit- penyakit berbahaya.

Kandungan serat yang tinggi dalam buah sawo juga berguna untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit yang Sering dialami oleh para ibu hamil.

Kandungan vitamin B di dalamnya efktif mengurangi rasa mual dan muntah selama masa kehamilan.

Ibu hamil diperbolehkan mengkonsumsi buah sawo asalkan jangan berlebihan.

Sumber | Berbagai sumber
Advertisement advertise here