25 November 2014, Hari Guru Nasional di Peringati Google Doodle

- 11/25/2014
advertise here
Hari Guru Nasional di Peringati Google Doodle
Hari ini tanggal 25 November 2014, tampilan mesin pencarian raksasa Google berbeda dengan hari-hari biasanya. Yang biasannya halaman utama Google ada logo Google besar, kini huruf G diganti gambar seorang guru memakai kacamata sedang duduk di meja. Huruf O mewakili guru matematika yang tengah mengajar di depan kelas. Untuk huruf O kedua  digambarkan guru yang tengah membaca buku di tengah murid-muridnya. Untuk huruf G tengah, dilukiskan seorang guru olahraga yang sedang memegang bola basket. Sedangkan gambar guru fisika/ kimia yang tengah mengajar menggantikan huruf L. Sedangkan huruf E atau yang terakhir menampilkan sosok guru musik.

Melihat gambaran itu semua ternyata Google Doodle hari ini ikut merayakan Hari Guru Nasional.

Mengutip dari Wikipedia, Hari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru, dan diperingati pada tanggal yang berbeda-beda bergantung pada negaranya. Di beberapa negara, hari guru merupakan hari libur sekolah.

Di Indonesia Hari Guru Nasional diperingati bersama hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Hari Guru Nasional bukan hari libur resmi, dan dirayakan dalam bentuk upacara peringatan di sekolah-sekolah dan pemberian tanda jasa bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Dalam Bahasa Jawa, arti kata guru adalah “digugu dan ditiru”, yang artinya seorang guru harus ditaati dan bisa dijadikan contoh atau teladan bagi murid-muridnya. Guru di Indonesia dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Pemerintah Republik Indonesia menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional yang tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 yang dikuatkan oleh Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Tanggal tersebut juga merupakan hari lahirnya Persatuan Guru Indonesia (PGRI).

Selamat Ulang Tahun, Bapak & Ibu Guru, kalian semua adalah "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”..



Sumber | Berbagai media
Advertisement advertise here