Cara Mudah Menghilangkan Mata Ikan

- 10/02/2017
advertise here
Cara Mudah Menghilangkan Mata Ikan


Cara Mudah Menghilangkan Mata Ikan. Mata ikan (Clavus / Plantar Wart / Foot Corn) adalah suatu kelainan kulit yang ditandai dengan adanya penebalan dan pengerasan pada kulit, biasanya terjadi di bagian telapak kaki walau bisa juga terjadi pada telapak tangan/jari.
Di bagian tengah mata ikan, biasanya terdapat penebalan kulit (keratotic plug) semacam inti yang mengeras. Bagian Inti  inilah yang menyebabkan rasa sakit bila dipakai berjalan. Kadang-kadang mata ikan dapat mengalami infeksi dan menjadi borok yang agak dalam.


Baca juga : Waspadai gejala awal kanker lidah yang mirip sariawan!

Penyebab mata ikan adalah tekanan dan gesekan berlebihan yang terjadi secara terus menerus dan sering ditambah dengan adanya infeksi virus. Mata ikan biasanya ditemukan pada orang yang sering menggunakan sepatu yang tertutup, juga pada orang yang sering  menggunakan alas kaki yang sempit dan orang yang bertubuh gemuk, karena tekanan pada kaki menjadi lebih besar.



Cara Mudah Menghilangkan Mata Ikan

Untuk mengobati mata ikan tidak selalu mesti dengan cara operasi/ pembedahan, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan yaitu :
  1. Hindari faktor resiko yaitu jangan menggunakan sepatu yang sempit atau kondisi apapun yang menyebabkan gesekan/tekanan terus menerus pada kaki/tangan.
  2. Gunakan salep yang mengandung asam salisilat yang berfungsi mengurangi / menghilangkan penebalan kulit.
  3. Bisa juga dicoba cara alami dengan menempelkan kapur sirih yang berfungsi menimbulkan panas yang akan “mematikan” mata ikan, gunakan tiap hari sampai mata ikan lepas.
  4. Cara unik lainnya adalah dengan memanfaatkan sumber panas lainnya misalnya dengan menggunakan setrika. Tempelkan dengan hati-hati ujung setrika yang panas hanya pada bagian mata ikan, jangan khawatir tidak akan terasa panas karena bagian tersebut mengalami penebalan kulit yang akan menghalangi panas. Lakukan secara rutin 2-3 kali sehari, insya Allah dalam waktu kurang lebih 1 minggu mata ikan akan “mati” dan lepas dengan sendirinya.
Baca juga : Haluskan Kulit Dengan Lulur Kopi
Selamat mencoba…….
Advertisement advertise here