9 Manfaat Kulit Pisang yang Perlu Anda Ketahui



manfaat kulit pisang
Portal Orange - Selain buahnya manis, manfaat pisang juga banyak bagi kesehatan tubuh kita. Buah pisang diperkaya vitamin B6, vitamin C, mangan, kalium, dan lainnya. Pisang juga digunakan dalam pengobatan penyakit kuning dan batu ginjal.

Tak hanya dagingnya, bagian kulit pisang pun juga bermanfaat untuk kita. Padahal sering ketika kita makan pisang, biasanya kita cenderung untuk membuang kulitnya. Padahal banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari kulit pisang. Setelah membaca artikel berikut ini, mungkin kamu akan berpikir dua kali untuk membuang kulit dari buah kuning satu ini.

Kulit pisang sarat akan vitamin, mineral, dan serat, kulit pisang pun dikenal memiliki sifat antijamur dan antibiotik.

Berikut adalah beberapa manfaat kulit pisang:

1. Obat Alami untuk Psoriasis
Psoriasisadalah penyakit autoimun yang mengenai kulit, ditandai dengan sisik yang berlapis berwarna keperakan, disertai dengan penebalan warna kemerahan dan rasa gatal atau perih.

Psoriasis dialami oleh banyak orang. Kulit pisang dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menyingkirkan psoriasis.

Gosokkan bagian dalam kulit pisang di area yang terkena psoriasis.
Awalnya area tersebut akan menjadi merah, namun dengan penggunaan secara terus-menerus akan terlihat perbedaan hasilnya.

2. Mengobati Jerawat
Untuk obat jerawat, gosokkan bagian dalam kulit pisang pada jerawat Anda. Lakukan secara rutin setiap hari. Untuk mendapatkan hasil terbaik, disarankan mengoleskan kulit pisang pada jerawat di malam hari.

3. Mengobati Kutil
Manfaat lainnya dari kulit pisang adalah mengobati kutil. Gosok bagian dalam kulit pisang pada kutil setiap malam, efeknya akan terlihat pada hari ke 7-10.

Atau dengan cara kulit pisang dilekatkan pada kutil selama semalaman. Lakukan setiap hari, hasilnya dalam 15 hari akan terlihat.

4. Mempercantik Kulit
Untuk kulit kenyal yang indah, gosokkan bagian dalam kulit pisang pada wajah sebelum tidur. Biarkan semalaman, cuci keesokan harinya dengan air hangat.

5. Iritasi & Gatal Gigitan Nyamuk
Alergi, iritasi kulit, memar kulit dan  Bila terkena gigitan nyamuk, kulit menjadi teriritasi dan gatal juga dapat diobati dengan kulit pisang.

Jika kulit gatal, tempelkan bagian dalam kulit pisang pada area yang terkena gatal dan biarkan semalaman. Bahan kimia dalam kulit pisang akan membantu menyingkirkan rasa gatal.

6. Mengobati Luka
Luka karena cedera, terutama pada lutut dapat disembuhkan dengan kulit pisang. Gosok lutut dengan bagian dalam kulit pisang dan lihat efek penyembuhannya.

7. Memutihkan Gigi
Beberapa orang mengklaim bahwa menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada gigi secara teratur bisa membantu memutihkan gigi. Kulit pisang digosok pada gigi dengan gerakan melingkar.

Bersihkan gigi Anda setiap hari, akan terlihat dalam waktu sekitar dua minggu.

8. Mengkilapkan Aksesoris Perak & Kulit
Gosokkan kulit pisang pada permukaan kulit sepatu, jaket, atau bahkan mebel untuk menghadirkan kilapan sempurna pada kulit. Anda juga bisa menggunakannya sebagai pembersih dan pencerah perabotan perak. Sebelum menggosokkannya, campurkan kulit pisang dengan air.

Sebelum digunakan, disarankan untuk melakukan pengujian dengan menempelkan sedikit kulit pisang di tempat yang tidak mudah terlihat pada aksesoris tersebut.

9. Pupuk Kompos
Untuk pupuk tanaman kulit pisang bisa dijadikan pupuk kompos. Kadar kalium dan fosfor yang tinggi pada kulit pisang terbukti sangat membantu saat digunakan sebagai pupuk kompos.

Reaksi: 

Related

Lifestyle 6300176644590853201

Post a Comment Default Comments

emo-but-icon

Follow Us

Obat Herbal Alami

Populer

Recent

Comments

Connect Us

Google+ Badge

Obat Herbal

Obat Herbal Alami

item