Bahayanya Ibu Hamil Konsumsi Mie Instan

- 6/24/2014
advertise here
Mie Instan Bahaya untuk di konsumsi Ibu Hamil
Bagi kebanyakan ibu, nafsu makan bisa meningkat pada masa kehamilan. Rasanya ingin menyantap segala macam makanan. Apalagi bila berhadapan dengan penganan berkuah gurih, hangat, dan pedas seperti mie instan.

Makanan cepat saji memang mudah menggugah selera. Namun menurut Suradal Sastradibrata, dokter spesialis kebidanan Rumah Sakit Bersalin Permata Bunda, Pandeglang, Jawa Barat, perempuan hamil haruslah mengurangi junk food dan mie instan. Bahkan bila bisa, menghindarinya.

"Sebab mie instan mengandung banyak karbohidrat, kalori, serta garam yang tidak baik untuk masa pertumbuhan janin," kata Suradal.

Muatan monosodium glutamate atau MSG pada mie instan pun sangat tinggi. Zat penguat atau pemodifikasi rasa makanan ini juga berdampak negatif pada pertumbuhan jabang bayi.

Dalam sebungkus mie cepat saji dengan berat bersih 70 gram, Suradal melanjutkan, biasanya terkandung natrium sebanyak 1.380 miligram. Jumlah yang tergolong tinggi, hingga dapat menimbulkan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi selama masa kehamilan.

Ia menyarankan agar ibu hamil membiasakan hidup sehat dengan menghindar dari bayangan bahaya mie instan. Jika lapar, roti atau buah-buahan dapat menjadi menu pilihan untuk mengganjal perut. Sebab kualitas nutrisi yang masuk ke tubuh ibu hamil akan menentukan perkembangan janin. Semakin baik mutu asupan makanan, calon bayi dalam kandungan pun bakal tambah sehat.

"Belajar hidup yang sehat bisa dimulai dengan memperhatikan asupan makanan," ujar Suradal. "Asupan yang bersifat natural jauh lebih baik ketimbang penganan instan."

Surandal sendiri mengakui sulitnya mendapatkan makanan yang enak dengan gizi serta nutrisi bagus bagi ibu hamil. Tapi ia mengingatkan, supaya perempuan hamil tetap selektif memilih menu santapan. Sebab mereka tidak hanya menyantap makan untuk diri sendiri. "Juga bagi janin yang sedang dikandung," kata dia.

Sumber
Advertisement advertise here