8 Makanan ini Dilarang Masuk Kulkas

- 9/16/2014
advertise here
Tomat
Kita akan berpikir cara paling tepat untuk mengawetkan makanan adalah dengan cara memasukkan ke kulkas. Namun kenyataanya tidak semua makanan, terutama buah dan sayuran bisa "diawetkan" dilemari pendingin, agar tetap segar. Tak hanya itu, tentu saja kebersihan kulkas juga mempengaruhi rusaknya makanan.

Berikut adalah beberapa makanan yang tidak bisa disimpan di kulkas:



1. Tomat
Jika Anda pernah menanam tomat, maka Anda akan tahu bahwa tanaman tomat suka panas dan benci dingin. Kulkas bukanlah tempat yang cocok untuk menyimpan tomat. Tomat yang disimpan dalam kulkas akan menjadikan cepat layu, meski masih bisa dipakai untuk masak. Simpanlah di meja dapur namun jangan terkena sinar matahari langsung.

2. Kemangi
Kemangi jika disimpan di tempat dingin akan menjadikan kemangi cepat layu. Kemangi akan berada dalam kondisi maksimal jika disimpan di atas meja dapur dan dirawat seperti bunga segar. Setangkup kemangi dapat disimpan dalam sebuah cangkir berisi air (ganti airnya setiap sehari atau dua hari sekali) dan jauhkan dari sinar matahari. Bungkus longgar dengan kantong plastik untuk menjaganya tetap lembap (namun pastikan plastik mempunyai lubang untuk jalan masuk udara segar).

3. Kentang
Menyimpan kentang dalam lemari es akan mengubah pati menjadi gula lebih cepat, sehingga berpotensi mempengaruhi rasa dan tekstur. Yang paling ideal untuk menyimpan kentang ialah pada suhu sekitar 10 derajat celcius, simpanlah kentang di laci dapur dibungkus dengan kantong kertas. Kantong kertas mempunyai pori-pori untuk bernapas, sehingga mencegah kentang cepat membusuk.

4. Bawang
Menyimpan bawang di kulkas akan merusak lapisan kulit tipis yang melindungi permukaannya, sebaiknya simpan bawang di tempat yang kering dengan sirkulasi udara yang baik. Kurangnya sirkulasi udara berpotensi untuk membuat bawang terasa pahit dan rusak selama pemrosesan. Jangan menyimpan bawang dekat kentang, kentang mengeluarkan gas dan kelembapan yang dapat menyebabkan bawang lebih cepat busuk.

5. Avokad atau Alpukat
Jangan menyimpan alpukat di dalam kulkas, karena akan memperlambat proses pematangannya. Namun jika kita memiliki alpukat yang telah matang dan tidak akan langsung dikonsumsi, simpanlah di dalam kulkas agar tidak cepat membusuk.

6. Mangga
Menyimpan buah mangga dalam kulkas akan membuat kulitnya mengkerut dan daging buahnya menipis, sehingga mengurangi kelezatan rasanya. Lebih baik simpan mangga pada suhu ruangan agar cepat matang.

7. Semangka
Walau dapat membuat rasanya semakin segar, memasukkan semangka ke dalam kulkas ternyata kurang baik. Menyimpan semangka di dalam kulkas akan mengurangi 40 persen kadar likopen yang ada dalam buah semangka.

8. Pisang
Menyimpan pisang matang terlalu lama dikulkas akan membuat pisang menghitam dan bonyok. Ketika kita menyimpan pisang di lemari es, produksi asam melambat sebagai akibatdari suhu dingin, dan sebagai hasilnya, proses pematangan daging pisang melambat.


Dari Berbagai Sumber
Advertisement advertise here