Anda Perokok? Sebaiknya Konsumsi Makanan ini

- 9/10/2014
advertise here
Delima Merah
Portal Orange - Merokok berbahaya untuk kesehatan. Kita semua menyadari hal itu. Namun kebiasaan buruk menghisap nikotin tetap sulit diberhentikan bagi para pecandu rokok.

Nikotin adalah zat aditif berbahaya yang banyak ditemukan dalam tembakau. Nikotin dapat menyebabkan tekanan darah naik secara tiba-tiba dan kerusakan paru-paru.

Untuk mereka yang telah berhenti dari merokok, nikotin di dalam darah tidak akan langsung turun hilang. Dibutuhkan waktu yang lama untuk nikotin hilang di dalam tubuh, bahkan bertahun-tahun.

Mensiasatinya, perokok atau mereka yang sedang sudah tidak merokok sebaiknya mengkonsumsi beberapa jenis makanan sehat yang dapat membersihkan nikotin di dalam darah seperti dilansir Boldsky di bawah ini:

BrokoliSayuran hijau ini memiliki kandungan vitamin C dan B5 yang tinggi. Merokok dapat mengurangi kandungan  vitamin C di tubuh. Itu sebabnya jika Anda merokok terlalu banyak dalam waktu singkat, bibir Anda akan kering dan pecah-pecah layaknya seseorang yang kekurangan vitamin C. Maka itu dengan mengkonsumsi brokoli, Anda bisa mengurangi kadar nikotin yang menggerogoti tubuh Anda.

Jeruk
Sama dengan brokoli, jeruk juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Rasanya yang asam meningkatkan metabolisme di tubuh. Sedangkan rasa manis pada jeruk berfungsi sama seperti gula yang bisa menjadi sumber tenaga dan menghilangkan stres Anda sehari-hari. Jadi tak ada lagi alasan di kala stres harus lari ke rokok.

Wortel
Wortel ternyata tak hanya bermanfaat untuk kesehatan mata. Beta karoten dan kandungan falkarinol yang dapat mencegah timbulnya kanker, terutama kanker paru-paru. Wortel juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan kulit. Tahukah Anda jika satu batang rokok yang dihisap, nikotin akan tetap tinggal selama 3 hari di tubuh? Nikotin yang teralu banyak di tubuh akan membuat kulit menjadi rusak dan kusam.

Delima

Buah merah dengan rasa manis asam ini berkhasiat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan sel-sel darah di tubuh. Untuk mengurangi nikotin yang juga dapat merusak sel darah, sebaiknya Anda mengkonsumsi satu buah delima atau pomegranate setiap hari.

Kiwi
Buah selanjutnya yang baik untuk membersihkan nikotin di tubuh adalah kiwi. Selain kaya akan vitamin C, A, E, kiwi juga mengandung antioksidan dan bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Nikotin memiliki potensi untuk melemahkan fungsi jantung.

Sayuran berdaun hijau

Bayam adalah sayur berdaun hijau yang tidak hanya kaya vitamin tetapi juga asam folat. Bila Anda sedang hamil dan khawatir mengenai jumlah nikotin dalam tubuh, segera makan bayam.


Sumber | Viva.co.id
Advertisement advertise here