Hari Batik Nasional di Peringati Google Doodle Hari Ini

- 10/02/2014
advertise here
Google doodle hari ini

Ada tampilan baru di laman pencarian Google Indonesia. Tampilan Gambar keluarga dengan mengenakan seragam baju motif batik menjadi gambar tampilan Google doodle hari ini.

Ya hari ini, 2 Oktober 2014 tampilan Google doodle mengambil tema Batik. Karena hari ini adalah hari batik Nasional 2014,demi mengenang peristiwa ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

6 huruf logo google diganti dengan enam anggota keluarga yang mengenakan baju motif batik. Kata batik merupakan gabungan dua suku kata Jawa, yaitu "amba" yang berarti "menulis" dan "titik" dengan arti sama. Kemudian keduanya digabungkan menjadi (a)mbatik atau proses untuk membuat kain batik.

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Selain sebagai warisan budaya, keindahan batik juga telah diakui dunia, beberapa tokoh dunia pernah menggunakan batik Indonesia dalam berbagai kesempatan seperti Nelson Mandela, Barack Obama dan Bill gates.

Negara Malaysia pernah mengklaim batik adalah milik mereka. Tahun 2008 Pemerintah Indonesia pun mendaftarkan Batik ke dalam jajaran daftar representatif budaya tak benda warisan manusia UNESCO atau Representative List of Intangible Cultural Heritage-UNESCO.

3 September 2008 dengan proses Nominasi Batik Indonesia ke UNESCO, kemudian diterima secara resmi oleh UNESCO pada 9 Januari 2009 untuk diproses lebih lanjut.

Pada tanggal 2 Oktober 2009 UNESCO mengukuhkan batik Indonesia dalam daftar representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia yang dilaksanakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Oleh karena itu tanggal 2 Oktober di tetapkan sebagai Hari Batik Nasional.

Selamat Hari Batik Nasional!
Advertisement advertise here